Total Pageviews

Monday, April 20, 2009

Benarkah Motivasi Alamiah Lebih Jitu?

motivasi alamiahKalau kita kembali ke konsep dasar motivasi. Kita pasti akan bertemu dengan definisi dasar motivasi, yaitu : suatu dorongan / rangsangan yang mampu menggerakkan kita untuk melakukan sesuatu. Sebagai contoh, motivasi anda untuk blogging, berkarir, berbisnis. Bisa dipastikan, bahwa semua itu bisa terjadi, karena adanya dorongan-dorongan motivasi yang anda terima. Sehingga anda mau melakukannya dengan penuh antusias.

Saat ini perkembangan ilmu motivasi semakin bergairah. Banyak cara dilakukan untuk mempengaruhi seseorang dalam melakukan sesuatu. Namun kita jangan lupa bahwa semua pola fakir yang mengandung unsure motivasi, tetap berpedoman pada hakikat motivasi itu sendiri. Jadi secara alami, pada prinsipnya semua manusia itu sudah melakukan aktivitasi motivasi terhadap orang-orang yang dikasihinya. Ataupun orang lain yang mungkin butuh dorongan semangat.

Untuk itulah, terkadang motivasi alamiah itu justru lebih ampuh. Mengenai sasaran. Karena diungkapkan dengan penuh cinta kasih. Bukan sekedar teori - teori ilmiah yang membuat si penerima motivasi merasa di gurui atau malah tidak paham dengan teori tersebut.

Motivasi Alamiah banyak beredar disekitar kita, hanya terkadang kita kurang bisa mencernanya. Kemungkinan disebabkan karena dua hal:

  • kita kurang peka menerima sinyal motivasi alamiah tersebut
  • kita menganggap remeh motivasi alamiah tersebut, karena perkembangan ilmu pengetahuan yang begitu pesat sehingga membuat kita menolak pemikiran yang kita anggap dangkal tersbut.

Siapa saja yang biasa memberikan motivasi alamiah?

Orang yang biasa dan paling sering memberikan motivasi alamiah adalah para orang tua kita sendiri. walau kadang-kadang kita menerimanya sebagai sebuah peraturan. Bahkan mungkin bertentangan dengan hati dan logika kita. Tapi percayalah, kalimat-kalimat mereka mengandung unsure motivasi yang sangat kuat. Karena di ucapkan berdasarkan pengalaman hidup yang tidak bisa di anggap enteng.

Untuk bisa memahami ini, diperlukan intropeksi diri yang jujur. Sambil memikirkan kembali adakah ucapan-ucapan para orang tua kita selama ini, yang terlewatkan begitu saja.

Keampuhan motivasi alamiah ini cenderung lebih jitu. Hal ini dikarenakan ada unsur mendasar didalamnya, yaitu kasih-sayang. Yang tidak bisa diputuskan begitu saja.

Kandungan kasih sayang para orang tua, terpancar dari cara-cara mereka mengorganisir anak-anaknya selama ini. Benar-benar luar biasa.

Sebagai bukti, bagaimana mereka menanamkan nilai-nilai luhur didalam mental kita. anda bisa merasakannya sekarang. Bagaimana mereka memberikan kita kunci-kunci sukses. walau kita tidak menyadarinya.

Perhatikanlah dan renungkanlah lebih dalam, Bagaimana kita memiliki kepercayaan diri, dan bisa berekspresi seperti sekarang ini. Bagaimana mereka mengajarkan sekaligus mencontohkan cara bertahan hidup. Itu semua karena konsep-konsep dasar yang telah ditanamkan didalam diri kita.

Oleh karena itu, konsep motivasi alamiah cenderung lebih dahsyat. Makanya sering-seringlah berkomunikasi dengan orang tua. Jangan pernah lupakan mereka.

Suka Dengan Artikel ini??

No comments: